Kurikulum

Divisi Gitar Elektrik

Hai, buat kalian yang ingin belajar musik, terutama tertarik untuk mempelajari gitar elektrik, di divisi ini bakal ada empat segmen dalam kurikulum gitar elektrik yaitu ; teknik, harmoni, dan mekanisme ; membaca ; teori ; dan juga latihan mendengar. Empat segmen tersebut hadir di setiap level yang ada. Yuk, kita simak apa aja sih yang bakal kalian temukan dari level dasar hingga terakhir.

Level Dasar A & B

Level A&B ( tingkat dasar) akan diperkenalkan “Apa itu gitar?” serta pengetahuan dasar tentang anatomi gitar elektrik mulai dari ujung kepala hingga bagian paling bawah dari badan gitar.

Kemudian kalian juga bakal belajar tentang tangga nada dasar mayor, membaca ketukan 4/4 dan juga nilai suatu not (4 ketuk dan 2 ketuk), not ¼, dan juga not 1/8.

Jangan khawatir, kalian bakal dapat pelajaran tentang kord-kord dasar seperti C, F, dan G untuk tingkat A dan juga D, Bb, A, dan Eb untuk tingkat B.

Level 1

Level 1 akan mempelajari mekanisme fingering di dalam tangga nada dasar mayor.

Kemudian kalian akan diperkenalkan ketukan 4/4 dan juga nilai suatu not (4 ketuk dan 2 ketuk), not ¼, dan juga not 1/8, hampir sama dengan tingkat dasar tetapi dengan tempo yang lebih cepat.

Untuk teori, level 1 akan mampelajari tangga nada mayor dasar dan juga tangga nada minor.

Gitar Elektrik

Pilih jenis yang kalian suka

Bagi kalian yang sudah memantapkan diri untuk mengikuti kursus gitar elektrik, secara tidak langsung kalian pasti membutuhkan gitar elektrik pastinya. Dalam memilih gitar elektrik harus pelan-pelan, teliti, dan sabar intinya jangan terburu-buru, karena gitar kalian adalah representasi karakter kalian. Tips untuk memilih gitar yang cocok adalah lihat dulu tampak luarnya seperti body, head, dan anatomi gitar lainnya. Jika hal tersebut sudah dilakukan, silahkan pakai gitarnya lalu berkaca-lah, jika terlihat cocok dan nyaman berarti kalian jodoh dengan gitar yang kalian pilih itu.

Level 2

Level 2 akan lebih mempelajari soal mekanisme fingering dan juga picking, ini penting banget buat kalian yang udah serius dalam bermain gitar. Kalian bakal mempelajari bentuk tangga nada mayor (Posisi 1, 2, 3, -low-mid- di bagian fret gitar), dan juga membaca nilai suatu not (4 ketuk, 2 ketuk, 1 ketuk, ½ ketuk), tanda berhenti, birama 4/4 – ¾ .

Untuk teori, kalian akan mendapatkan improvisasi dasar I-VI-II-V/I-IV-V, bentuk dasar tangga nada mayor pada mid dan high, barre chords (Mayor7, minor7, 7 dominan, minor7-5, Dimayor7). Kalian juga belajar teknik seperti arpeggio, dan improvisasi dasar menggunakan arpeggio dalam tangga nada.

Level 3

Level 3 mempelajari teknik untuk tangan kiri seperti hammer on dan pull off, dan juga teknik untuk tangan kanan.

Kemudian kalian bakal mendapatkan syncope dasar menggunakan eight note, dan dasar rhythm blues.

Mode dasar dalam diatonik dan juga pentatonik juga akan kalian pelajari untuk improvisasi kord dan tangga nada.

Ampli Gitar Elektrik

Setiap Ampli juga memiliki karakter yang beda

Tahap selanjutnya setelah kalian jodoh dengan gitar yang kalian pilih adalah memilih amplifier atau disingkat saja ampli. Memilih ampli memang sedikit lebih banyak yang harus dipelajari dibandingkan dengan memilih gitar, karena ini berhubungan langsung dengan suara yang dikeluarkan oleh gitar melalui ampli dan karakter ampli sendiri itu berbeda-beda. Jadi bisa saja gitar kalian jika dipakai menggunakan ampli yang berbeda-beda juga menghasilkan suara yang berbeda juga. Pilihlah ampli yang sesuai dengan keinginan kalian dari segi suaranya, jika kalian suka dengan suara dari ampli pilihan kalian, dapat dikatakan kembali kalau kalian berjodoh dengan ampli itu.

Level 4

Level 4, kalian akan mendapatkan bentuk dasar II-V-I mayor dan minor, rhythm dasar, dan konsep solo. Nih, di level 4 bakal seru banget, kalian udah bisa bermain solo gitar dengan memperdalam yang namanya teknik triplet.

Dalam level 4, di bagian teori, pengetahuan tentang genre dalam lagu seperti dasar-dasar BossaNova, Samba, Funk, Rock, dan Swing bakal kalian dapatkan juga. Ini sangat menarik buat pengetahuan kalian dalam bermusik, apalagi terjun di dunia musik.

Level 5

Level 5 mempelajari mode dalam harmoni non diatonik, menggunakan pentatonik dalam II-V-I (mayor dan minor).

Untuk level 5 dalam membaca not akan bermain up tempo layaknya bebop style. Lebih memperdalam soal pentatonik, improvisasi, dan juga belajar dasar-dasar bebop, dixie, dan swing.

Efek Gitar

Bakal seru sekali memakai efek

Lanjut lagi setelah pemilihan gitar dan ampli yaitu soal efek gitar. Jenis-jenis efek gitar tuh ada banyak seperti fuzz, overdrive, flanger, delay, dan masih banyak lagi, juga karakter dan fungsi tiap efek itu beda-beda. Biasanya efek gitar itu juga sifatnya cocok-cocokkan dengan si pemain, banyak juga efek yang fungsinya sama tapi si pemain kurang sreg  dengan beberapa merk efek, dan hanya setia pada satu merk. Bagi kalian yang sudah mantap ingin mengeluarkan suara gitar seperti apa yang kalian mau, maka pilihlah efek-efek gitar yang sudah tersedia dengan bijak.

Level 6

Level 6 mempelajari harmoni dasar dalam tangga nada simetrik, voicing harmoni, dan kord slash dasar (drop 2 hingga drop 4). Dalam level 6, kalian akan mendapatkan dasar-dasar untuk musik Latin.

Latin itu merupakan musik yang lahir di lingkungan Afro-Amerika, jadi seperti musik-musik yang berasal dari Brazil dan negara-negara di Amerika Selatan. Ketukan seperti ¾, 5/4, 6/8, 7/4 bakal kalian dapatkan di level ini.

Level 7

Level 7 merupakan tingkat terakhir, dan kalian bakal berjumpa dengan bitonal triad untuk digunakan saat melakukan improvisasi.

Karena ini merupakan tingkat lanjut, di level 7 kalian akan lebih mempelajari konsep solo gitar (wah! ini sangat baik untuk mempertajam skill kalian) untuk gaya lama serta modern, fusion, modern jazz, dan jazz-rock.

Genre tersebut terbilang rumit, maka dari itu kalian sebagai calon ahli dalam gitar patut mempelajari hal-hal tersebut.